dakwatuna.com – Belakangan ini tema jihad memang sering dibicarakan, ada yang membicarakan secara keilmuan ada pula yang serampangan. Ada yang ekstrim dan ada pula yang menyepelekan. Sebenarnya bagaimanakah masalah ini? Sesuai pertanyaan di atas, saya akan bagi jawaban saya menjadi tiga bagian.
I. Konsep jihad dalam Islam
Membicarakan konsep tentu tidak lepas dari membicarakan definisinya (taโrif). Untuk itu, kita lihat definisi jihad dahulu.
Secara bahasa (lughatan โ etimologis)
ุงูุฌูุงุฏ ุงุฌูุงุฏ ู ุฃุฎูุฐ ู ู ุงูุฌูุฏ ููู ุงูุทุงูุฉ ูุงูู ุดูุฉ
Al Jihad โ ijhaadu di ambil dari kata Al Juhdu yaitu kuasa (Ath Thaqah) dan kesempitan/kepayahan (Al Masyaqqah).[1]
Disebutkan dalam Lisanul โArab:
ูุฌูููุฏู ููุฌูููุฏู ุฌูููุฏุงู ูุงุฌูุชูููุฏ ููุงูู ุง ุฌุฏูู
Dan Jahada โ yajhadu- jahdan dan ijtahada, keduanya bermakna bersungguh-sungguh. [2]ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย
Disebutkan dalam Majmaโ al Anhar fi Syarh Multaqa Al Ab-har:
ุงููุฌูููุงุฏู ููู ุงููููุบูุฉู ุจูุฐููู ู ูุง ููู ุงููููุณูุนู ู ููู ุงูููููููู ุ ููุงููููุนููู .
โSecara bahasa, jihad bermakna pengerahan segenap potensi dengan ucapan dan perbuatan.โ [3]
Secara istilah (syarโan โ terminologis)
Saya akan paparkan pandangan beberapa imam kaum muslimin dalam hal ini. Menurut Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:
ููุงู: ุฌุงูุฏ ูุฌุงูุฏ ุฌูุงุฏุง ูู ุฌุงูุฏุฉุ ุฅุฐุง ุงุณุชูุฑุบ ูุณุนูุ ูุจุฐู ุทุงูุชูุ ูุชุญู ู ุงูู ุดุงู ูู ู ูุงุชูุฉ ุงูุนุฏู ูู ุฏุงูุนุชูุ ูููู ุง ูุนุจุฑ ุนูู ุจุงูุญุฑุจ ูู ุงูุนุฑู ุงูุญุฏูุซุ ูุงูุญุฑุจ ูู ุงููุชุงู ุงูู ุณูุญ ุจูู ุฏููุชูู ูุฃูุซุฑ
Dikatakan: Jaahada โ Yujaahidu โ Jihaadan โ Mujaahadatan, artinya mengkhususkan waktu dan upaya, serta mengorbankan segenap tenaga serta menanggung segenap kesulitan dalam memerangi musuh dan melawan mereka, yang demikian ini diistilahkan dengan Al Harb (perang) menurut definisi saat ini, dan Al Harb adalah peperangan bersenjata antara dua negara atau lebih.[4]ย ย ย ย ย ย ย
Penulis Majmaโ Al Anhar (fiqih bermazhab Hanafi) mengatakan:
ููููู ุงูุดููุฑููุนูุฉู ููุชููู ุงูููููููุงุฑู ููููุญููููู ู ููู ุถูุฑูุจูููู ู ููููููุจู ุฃูู ูููุงููููู ู ููููุฏูู ู ู ูุนูุงุจูุฏูููู ู ููููุณูุฑู ุฃูุตูููุงู ูููู ู ููุบูููุฑูููู ู
โMakna menurut syariah adalah memerangi orang kafir dan sebangsanya dengan memukulnya, mengambil hartanya, menghancurkan tempat ibadahnya, dan memusnahkan berhala-berhala mereka, dan selain mereka. โ[5]
Dalam Hasyiah Al Jumal (fiqih bermazhab Syafiโi) disebutkan:
ูููููู ููู ุงููุงุตูุทูููุงุญู ููุชูุงูู ุงูููููููุงุฑู ููููุตูุฑูุฉู ุงููุฅูุณูููุงู ู ููููุทููููู ุฃูููุถูุง ุนูููู ุฌูููุงุฏู ุงููููููุณู ููุงูุดููููุทูุงูู
โDan makna jihad secara istilah adalah memerangi orang kafir demi membela Islam, dan juga secara mutlak bermakna jihad melawan hawa nafsu dan syetan.โ [6]
Sedangkan Imam Ash Shanโani Rahimahullah mengatakan:
ููููู ุงูุดููุฑูุนู ุจูุฐููู ุงููุฌูููุฏู ููู ููุชูุงูู ุงูููููููุงุฑู ุฃููู ุงููุจูุบูุงุฉู .
โSecara syariat, makna berkorban dalam jihad adalah memerangi orang kafir dan para pemberontak.โ [7]
Imam Ibnu Hajar Rahimahullah mengatakan:
ููุดูุฑูุนูุง : ุจูุฐููู ุงููุฌูููุฏู ููู ููุชูุงูู ุงูููููููุงุฑู ููููุทููููู ุฃูููุถูุง ุนูููู ู ูุฌูุงููุฏูุฉู ุงููููููุณู ููุงูุดููููุทูุงูู ููุงููููุณููุงูู .
โSecara syariat, artinya mengerahkan kesungguhan dalam memerangi orang kafir, dan secara mutlak artinya juga berjihad melawan nafsu, syetan dan kefasikan.โ [8]
Demikianlah makna jihad yang dipaparkan para ulama Islam, yang semuanya selalu mengatakan โmemerangi orang kafirโ, setelah itu melawan nafsu, syetan dan kejahatan. Dalam kehidupan ilmiah, definisi memang selalu ada dua, yakni makna bahasa dan makna istilah. Namun, dalam praktek kehidupan sehari-hari, bahwa semua definisi dalam pembahasan apa pun lebih mengutamakan makna terminologis (istilah) dibanding makna etimologis (bahasa).
Pemaknaan yang dipaparkan para ulama bukan tanpa alasan melainkan berpijak berbagai ayat yang mulia dan hadits yang suci, dan ayat serta hadits tersebut pun juga memiliki latar belakang dan alasan spesifik dalam pensyariatan memerangi mereka.
Ayat-Ayat Al Quran Tentang Jihad
Perlu dipahami dengan baik, bahwa jihad merupakan bahasa Al Quran, maka Al Quran-lah yang paling berhak menceritakan apa makna jihad sebenarnya. Akal dan perasaan kita wajib tunduk kepadanya, dan tidak boleh mengingkarinya atau memberikan pemahaman apologi yang menyimbolkan kekalahan mental umat Islam dari orang Barat, hanya karena takut disebut teroris.
Allah Taโala berfirman di berbagai ayat:
โDiwajibkan atas kamu berperang, Padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh Jadi kamu membenci sesuatu, Padahal ia Amat baik bagimu, dan boleh Jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, Padahal ia Amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.โ (QS. Al Baqarah (2): 216)
โDan perangilah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), Maka bunuhlah mereka. Demikianlah Balasan bagi orang-orang kafir.โ (QS. Al Baqarah (2): 191)
โJanganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezki.โ (QS. Ali Imran (3): 169)
โHai orang-orang yang beriman, bersiap siagalah kamu, dan majulah (ke medan pertempuran) berkelompok-kelompok, atau majulah bersama-sama!โ (QS. An Nisa (4): 71)
โHai Nabi, Kobarkanlah semangat Para mukmin untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar di antaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang yang sabar di antaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti.โ (QS. Al Anfal (8): 65)
โPerangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari Kemudian, dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (Yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam Keadaan tunduk.โ (QS. At Taubah (9): 29)
Dan masih sangat banyak lagi ayat-ayat yang menganjurkan jihad melawan orang kafir, menceritakan keutamaannya, dan mengabarkan balasan bagi mujahidin baik dunia maupun akhirat.
Hadits-Hadits Nabi Tentang Jihad
Hadits-hadits nabawi pun juga banyak, namun saya akan sebutkan beberapa saja:
ุนููู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ููุงูู ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ู ููู ู ูุงุชู ููููู ู ููุบูุฒู ููููู ู ููุญูุฏููุซู ุจููู ููููุณููู ู ูุงุชู ุนูููู ุดูุนูุจูุฉู ู ููู ููููุงูู
โDari Abu Hurairah berkata, bahwa Rasulullah Shalallahu โAlaihi wa Sallam bersabda: โBarangsiapa yang mati dan belum pernah berperang, dan dirinya belum pernah membicarakan perang maka matinya di antara cabang kemunafikan.โ [9]
Hadits lain:
ุนููู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนูููููู ูุง ููุงูู
ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุง ููุฌูุฑูุฉู ุจูุนูุฏู ุงููููุชูุญู ูููููููู ุฌูููุงุฏู ูููููููุฉู ููุฅูุฐูุง ุงุณูุชูููููุฑูุชูู ู ููุงููููุฑูู
ย Dari Ibnu Abbas Radhiallahu โAnhu berkata, bahwa Rasulullah Shalallahu โAlaihi wa Sallam bersabda: โTidak ada hijrah setelah penaklukan kota Mekah, tetapi yang ada adalah jihad dan niat, jika kalian diperintahkan untuk berangkat maka berangkatlah (untuk jihad).โ [10]
Dari Abu Said Al Khudri, bahwa ada orang bertanya:
ย ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุฃูููู ุงููููุงุณู ุฃูููุถููู ููููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ู ูุคูู ููู ููุฌูุงููุฏู ููู ุณูุจูููู ุงูููููู ุจูููููุณููู ููู ูุงููู
โWahai Rasulullah! Manusia bagaimanakah yang paling utama?โ Rasulullah Shalallahu โAlaihi wa Sallam menjawab: โSeorang mukmin yang berjihad di jalan Allah dengan jiwa dan hartanya.โ[11]
Dari Abu Hurairah Radhiallahu โAnhu, ada seorang bertanya kepada Nabi Shalallahu โAlaihi wa Sallam, apakah ada amal perbuatan yang sebanding dengan jihad fi sabilillah? Beliau menjawab: โKalian tidak akan mampu.โ Mereka bertanya hingga dua atau tiga kali, semuanya dijawab: โKalian tidak akan mampu.โ Begitu yang ketiga kalinya, beliau bersabda:
ู ูุซููู ุงููู ูุฌูุงููุฏู ููู ุณูุจูููู ุงูููููู ููู ูุซููู ุงูุตููุงุฆูู ู ุงููููุงุฆูู ู ุงููููุงููุชู ุจูุขููุงุชู ุงูููููู ููุง ููููุชูุฑู ู ููู ุตูููุงู ู ููููุง ุตูููุงุฉู ุญูุชููู ููุฑูุฌูุนู ุงููู ูุฌูุงููุฏู ููู ุณูุจูููู ุงูููููู ุชูุนูุงููู
โPerumpamaan mujahid di jalan Allah bagaikan seorang yang berpuasa, shalat malam, berdzikir membaca ayat Allah, tidak pernah henti dari puasa dan shalatnya itu sampai pulangnya si mujahid di jalan Allah Taโala.โ [12]
Jadi seorang yang berjihad, sama nilainya dengan orang yang berpuasa terus menerus dan shalat terus menerus tanpa henti, sampai mujahid itu pulang. Apakah ada manusia yang mampu puasa dan shalat malam tanpa henti selama mujahid pergi perang hingga dia pulang? Tidak ada!
Ketika menerangkan kedhaifan hadits โkita kembali dari jihad kecil menuju jihad besarโ, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata:
ููุฌูููุงุฏู ุงูููููููุงุฑู ู ููู ุฃูุนูุธูู ู ุงููุฃูุนูู ูุงูู ุ ุจููู ูููู ุฃูููุถููู ู ูุง ุชูุทููููุนู ุจููู ุงููุฅูููุณูุงู
โJihad memerangi orang kafir merupakan amal yang paling agung, bahkan merupakan anjuran yang paling utama pada manusia.โ [13]
Dan masih puluhan lagi hadits-hadits tentang penyariatan jihad memerangi orang kafir di medan tempur, serta keutamaannya yang agung.
— Bersambung…
Catatan Kaki:
[1] Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, Juz. 2, Hal. 618. Darl Kitab Al โArabi
[2] Ibnul Manzhur Al Mishry, Lisanul โArab, Juz. 3 Hal. 133. Syamilah
[3] Imam Abdurrahman Syaikhi Zaadah, Majmaโ al Anhar fi Syarh Multaqa al Ab-har, Juz. 4, Hal. 278. Syamilah
[4] Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, Juz. 2, Hal. 618. Darul Kitab Al โArabi
[5] Imam Abdurrahman Syaikhi Zaadah, Majmaโ al Anhar fi Syarh Multaqa al Ab-har, Juz. 4, Hal. 278. Syamilah
[6] Imam Abu Yahya Zakaria Al Anshari, Hasyiah al Jumal, Juz.21, Hal. 319. Syamilah
[7] Imam Ash Shanโani, Subulus Salam, Juz. 6, Hal. 119. Syamilah
[8] Imam Ibnu Hajar, Fathul Bari, Juz. 8, Hal. 365. Imam Asy Syaukani, Nailul Authar, Juz. 11, Hal. 483. Syamilah
[9] HR. Muslim, Kitab Al Imarah Bab Dzam Man Maata wa lam Yaghzu โฆ, Juz. 10, Hal. 19 No hadits. 3533. Syamilah
[10] HR. Bukhari, Kitab Al Jihad was Siyar Bab Fadhl Al Jihad was Siyar, Juz. 9, Hal. 345, No hadits. 2575. Syamilah
[11] HR. Bukhari, Kitab Al Jihad was Siyar Bab Afdhalun Nas โฆ., Juz. 9, Hal. 349, No hadits. 2578. Syamilah
[12] HR. Muslim, Kitab Al Imarah Bab Fadhlu Asy Syahadah fi sabilillahi Taโala, Juz. 9, Hal. 458, No hadits. 3490. Syamilah
[13] Imam Ibnu Taimiyah, Majmuโ al Fatawa, Juz. 2, Hal. 487. Syamilah
Redaktur: Ardne
Beri Nilai: