dakwatuna.com โ Berhari raya bagi seorang muslim bukan sekadar berbahagia dan bersenang-senang. Hari raya adalah momen untuk menguatkan hubungan dengan Allah. Bukan hanya simbolitas semata, seperti berbaju baru, makan-makan, dan menghabiskan uang.
Adab apa saja yang mesti kita lakukan ketika berhari raya agar bernilai ibadah.
- Dianjurkan Mandi Sebelum Berangkat Shalat
Mandi pada hari โId adalah sunah, bukan wajib, dan ini telah menjadi ijmaโ para ulama.
Berkata Imam Ibnu Rajab Rahimahullah:
ูุงูุบุณู ููุนูุฏ ุบูุฑ ูุงุฌุจ. ููุฏ ุญูู ุงุจู ุนุจุฏ ุงูุจุฑ ุงูุฅุฌู ุงุน ุนูููู ููุฃุตุญุงุจูุง ูุฌู ุถุนูู ุจูุฌูุจู. ูุฑูู ุงูุฒูุฑู ุนู ุงุจู ุงูู ุณูุจ ูุงู: ุงูุงุบุชุณุงู ูููุทุฑ ูุงูุฃุถุญู ูุจู ุฃู ูุฎุฑุฌ ุฅูู ุงูุตูุงุฉ ุญูู.
Mandi pada hari raya bukanlah kewajiban, Ibnu Abdil Bar telah menceritakan adanya Ijmaโ atas hal itu. Sedangkan terdapat riwayat lemah bagi sahabat-sahabat kami yang menyebutkan kewajibannya. Az Zuhri meriwayatkan dari Ibnul Musayyib, katanya: โMandi pada Idul Fitri dan Idul Adha sebelum keluar menuju shalat adalah benar adanya.โ (Imam Ibnu Rajab, Fathul Bari, 6/71)
Imam Ibnul Qayyim menceritakan:
ูุงู ูุบุชุณู ููุนูุฏููุ ุตุญ ุงูุญุฏูุซ ูููุ ูููู ุญุฏูุซุงู ุถุนููุงู: ุญุฏูุซ ุงุจู ุนุจุงุณุ ู ู ุฑูุงูุฉ ุฌุจุงุฑุฉ ุจู ู ูุบููููุณุ ูุญุฏูุซ ุงููุงููู ุจู ุณุนุฏุ ู ู ุฑูุงูุฉ ููุณู ุจู ุฎุงูุฏ ุงูุณู ุชู. ูููู ุซุจุช ุนู ุงุจู ุนู ุฑ ู ุน ุดูุฏุฉ ุงุชููุจุงุนู ููุณููููุฉุ ุฃูู ูุงู ูุบุชุณู ููู ุงูุนูุฏ ูุจู ุฎุฑูุฌู.
Nabi mandi pada dua hari raya, telah terdapat hadits shahih tentang itu, dan ada pula dua hadits dhaif: pertama, hadits Ibnu Abbas, dari riwayat Jabarah Mughallis, dan hadits Al Fakih bin Saโad, dari riwayat Yusuf bin Khalid As Samtiy. Tetapi telah shahih dari Ibnu Umar โyang memiliki sikap begitu keras mengikuti sunnah- bahwa Beliau mandi pada hari raya sebelum keluar rumah. (Zaadul Maโad, 1/442. Muasasah Ar Risalah)
- Memakai Pakaian Terbaik dan Minyak Wangi
Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu โAnhu, katanya:
ุฃู ุฑูุง ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ู ุณูู ูู ุงูุนูุฏูู ุฃู ููุจุณ ุฃุฌูุฏ ู ุง ูุฌุฏ ู ุฃู ูุชุทูุจ ุจุฃุฌูุฏ ู ุง ูุฌุฏ ู ุฃู ูุถุญู ุจุฃุณู ู ู ุง ูุฌุฏ
Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya. (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 7560, katanya: โKalau bukan karena kemajhulan Ishaq bin Bazraj, akan hukumi ini sebagai hadits shahih.โ Hal serupa juga dikatakan Imam Adz Dzahabi. Ath Thabarani dalam Al Muโjam Al Kabir No. 2756, dari Al Hasan bin Ali. Al Baihaqi dalam Syuโabul Iman No. 3715. Ath Thahawi dalam Musykilul Aatsar No. 4730)
Tetapi, telah shahih dari para sahabat bahwa mereka memakai pakaian terbaik ketika hari raya.
ุนู ูุงูุน ุฃู ุจู ุนู ุฑ: ูุงู ููุจุณ ูู ุงูุนูุฏูู ุฃุญุณู ุซูุงุจู
Dari Naafiโ, bahwasanya Ibnu Umar memakai baju yang terbaik pada dua hari raya. (Al Baihaqi, Syuโabul Iman No. 5938)
Dalam riwayat yang lebih panjang disebutkan:
ููุนูู ู ูุญูู ููุฏู ุจููู ุฅูุณูุญูุงูู ููุงูู: ููููุชู ููููุงููุนู: ูููููู ููุงูู ุงุจููู ุนูู ูุฑู โ ุฑูุถููู ุงูููููู ุนูููููู ูุง โ ููุตูููุนู ููููู ู ุงููุนููุฏู ุ ููุงูู: ููุงูู ููุดูููุฏู ุตููุงูุฉู ุงููููุฌูุฑู ู ูุนู ุงูุฅูู ูุงู ู , ุซูู ูู ููุฑูุฌูุนู ุฅูููู ุจูููุชููู ููููุบูุชูุณููู ุบูุณููููู ู ููู ุงููุฌูููุงุจูุฉู ููููููุจูุณู ุฃูุญูุณููู ุซูููุงุจููู ููููุชูุทููููุจู ุจูุฃูุญูุณููู ู ูุง ุนูููุฏููู ุซูู ูู ููุฎูุฑูุฌู ุญูุชููู ููุฃูุชููู ุงููู ูุตููููู ููููุฌูููุณู ููููู ุญูุชููู ููุฌููุกู ุงูุฅูู ูุงู ู ููุฅูุฐูุง ุฌูุงุกู ุงูุฅูู ูุงู ู ุตููููู ู ูุนููู ุซูู ูู ููุฑูุฌูุนู ููููุฏูุฎููู ู ูุณูุฌูุฏู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููุตููููู ููููู ุฑูููุนูุชููููู ุซูู ูู ููุฃูุชูู ุจูููุชููู
Dari Muhammad bin Ishaq: Aku berkata kepada Naafiโ: โApa yang diperbuat Ibnu Umar Radhiallahu โAnhuma ketika hari raya?โ
Beliau menjawab: โBeliau shalat subuh berjamaah bersama imam, lalu dia pulang untuk mandi sebagaimana mandi janabah, lalu dia berpakaian yang terbaik, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang dia miliki, lalu dia keluar menuju lapangan tempat shalat lalu duduk sampai datangnya imam, lalu ketika imam datang dia shalat bersamanya, setelah itu dia menuju masjid Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam dan shalat dua rakaat, lalu pulang ke rumahnya. (Imam Al Bushiri, Ittihaf Al Khairah, No. 1587)Imam Al Bushiri mengatakan tentang hadits ini:
ุฑูุงู ุงูุญุงุฑุซ ุจู ุฃุจู ุฃุณุงู ุฉ ูุฑุฌุงูู ุซูุงุช ูุงูุจูููู ู ุฎุชุตุฑูุง
Diriwayatkan Al Harits bin Abu Usamah, dan para perawinya adalah terpercaya, dan diriwayatkan oleh Al Baihaqi secara ringkas. (Ibid)
Syaikh Abdurrahman Al Mubarkafuri mengatakan: โDiriwayatkan oleh Ibnu Abid Dunya dan Al Baihaqi dan isnadnya shahih.โ (At Tuhfah Al Ahwadzi, 3/59)
Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah mengatakan:
ููุงู ููุจูุณ ููุฎุฑูุฌ ุฅูููู ุง ุฃุฌู ูู ุซูุงุจูุ ููุงู ูู ุญููููุฉ ููุจูุณููุง ููุนูุฏูู ูุงูุฌู ุนุฉุ ูู ุฑุฉ ูุงู ูููุจูุณ ุจูุฑุฏููู ุฃุฎุถุฑููุ ูู ุฑุฉ ุจุฑุฏุงู ุฃุญู ุฑ
Ketika keluar pada dua hari raya, Rasulullah memakai pakaiannya yang terbaik, Beliau memiliki sepasang pakaian yang khusus digunakannya ketika hari raya dan hari Jumat, sekali-kali Beliau memakai yang hijau, sekali pernah yang merah. (Zaadul Maโad, 1/440)
- Makan dulu sebelum shalat Idul Fitri, sebaliknya tidak makan dulu sebelum shalat Idul Adha
Untuk hari Idul Fitri disunahkan makan kurma berjumlah ganjil, sebelum berangkat shalat Id. Hal ini didasarkan pada riwayat berikut:
ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุง ููุบูุฏูู ููููู ู ุงููููุทูุฑู ุญูุชููู ููุฃููููู ุชูู ูุฑูุงุชู
ููููุงูู ู ูุฑูุฌููุฃู ุจููู ุฑูุฌูุงุกู ุญูุฏููุซูููู ุนูุจูููุฏู ุงูููููู ููุงูู ุญูุฏููุซูููู ุฃูููุณู ุนููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููุฃูููููููููู ููุชูุฑูุง
โPada saat Idul Fitri Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam tidaklah berangkat untuk shalat sebelum makan beberapa kurma.โ Murajja bin Raja berkata, berkata kepadaku โUbaidullah, katanya: berkata kepadaku Anas, dari Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam: โBeliau memakannya berjumlah ganjil.โ (HR. Bukhari No. 953)
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah, mengutip dari Imam Ibnu Qudamah Rahimahullah:
ูุง ูุนูู ูู ุงุณุชุญุจุงุจ ุชุนุฌูู ุงูุงูู ููู ุงููุทุฑ ุงุฎุชูุงูุง
Kami tidak ketahui adanya perselisihan pendapat tentang sunahnya mendahulukan makan pada hari Idul Fitri. (Fiqhus Sunnah, 1/317)
Ada pun untuk Idul Adha, disunahkan tidak makan dan minum dahulu, kecuali setelah shalat Id.
Dari Buraidah Radhiallahu โAnhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ููุง ููุฎูุฑูุฌู ููููู ู ุงููููุทูุฑู ุญูุชููู ููุทูุนูู ู ููููุง ููุทูุนูู ู ููููู ู ุงููุฃูุถูุญูู ุญูุชููู ููุตูููููู
Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia shalat dulu. (HR. At Tirmidzi No. 542, Ibnu Majah No. 1756, Ibnu Hibban No. 2812, Ahmad No. 22984)
Syaikh Syuโaib Al Arnauth mengatakan: โHasan.โ (Taโliq Musnad Ahmad No. 22984), Syaikh Al Albani menshahihkannya. (Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 1756, Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 542)
Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan: โDishahihkan oleh Ibnu Hibban.โ (Bulughul Maram, Hal. 176. Mawqiโ Misykah)
Imam At Tirmidzi berkata:
ููููุฏู ุงุณูุชูุญูุจูู ููููู ู ู ููู ุฃููููู ุงููุนูููู ู ุฃููู ููุง ููุฎูุฑูุฌู ููููู ู ุงููููุทูุฑู ุญูุชููู ููุทูุนูู ู ุดูููุฆูุง ููููุณูุชูุญูุจูู ูููู ุฃููู ููููุทูุฑู ุนูููู ุชูู ูุฑู ููููุง ููุทูุนูู ู ููููู ู ุงููุฃูุถูุญูู ุญูุชููู ููุฑูุฌูุนู
Segolongan ulama menyunahkan agar jangan keluar dulu pada hari Idul Fitri sampai makan sesuatu, dan disunahkan baginya untuk makan kurma, dan jangan dia makan dulu pada hari Idul Adha sampai dia pulang. (Sunan At-Tirmidzi No. 542) (usb/dakwatuna)
Konten ini telah dimodifikasi pada 22/09/14 | 16:19 16:19