Dukung Presiden Kudeta, Raja Arab Saudi Kunjungan Singkat ke Mesir

Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz (alhayat.com)

dakwatuna.com – Mesir. Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz, berkunjung ke Cairo hari Jumat ini (20/62014) dan bertemu dengan Abdul Fatah As-Sisi untuk menyampaikan selamat dan dukungannya kepada presiden kudeta tersebut.

Sebagaimana diberitakan media Al-Hayat (20/6/2014), Raja Abdullah akan singgah ke Cairo dari Maroko sebelum kemudian bertolak pulang ke Riyadh, dan bertemu dengan As-Sisi di Bandara Internasional Cairo.

Tidak dapat dipungkiri kunjungan penguasa Arab Saudi tersebut membawa pesan yang jelas bahwa rezim Al-Suud mendukung rezim militer di Mesir, sebagaimana sebelumnya kedua penguasa menjalin hubungan erat pada masa kepemimpinan Mubarak.

Selain Arab Saudi, kudeta di Mesir juga didukung oleh negara-negara Teluk lainnya seperti Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Kuwait.

Banyak pihak memandang dukungan Teluk bentuk dari kepanikan akan menjalarnya revolusi kebangkitan Arab (Arab Spring) ke negara-negara Teluk yang memang dikuasai oleh rezim kerajaan tersebut. (alhayat/rem/dakwatuna)

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.
Konten Terkait
Disqus Comments Loading...